SMAku

Aku alumni Sekolah Menegah Atas (SMA) Islam Darussalam yang berada di Jalan Cikunir Raya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi. SMA Islam Darussalam merupakan SMA Islam swasta di Kota Bekasi, di bawah naungan Perguruan Islam Darussalam (PID) yang terdiri dari TK Islam, SD Islam, SMP Islam, dan SMA Islam. 

Sebetulnya selama aku baru menginjakkan kaki di jenjang SMA, aku tidak begitu risau, karena aku memiliki banyak teman yang sudah aku kenal sebelumnya, dan juga lingkungan sekolah yang sudah aku kenal sejak tiga tahun sebelumnya. Ya, aku dahulu juga SMP di sini, di SMP Islam Darussalam. SMP Islam Darussalam menggunakan gedung yang sama dengan SMA Islam Darussalam, hanya saja untuk jenjang SMP berada di lantai satu sampai dengan lantai dua.  Sedangkan untuk jenjang SMA, berada di lantai tiga hingga lantai empat.

Banyak teman SMP aku yang melanjutkan pendidikan di SMA yang sama, mungkin juga karena dorongan orang tua, atau bahkan juga karena tidak perlu risau lagi untuk memikirkan SMA di mana, serta sudah cukup mengenal lingkungan sekolah Islam yang baik, sehingga melanjutkan di SMA yang sama, yaitu di SMA Islam Darussalam.

SMA Islam Darussalam memiliki dua gerbang atau pintu masuk, ada yang dari gerbang depan, dan  ada pula yang dari gerbang belakang, biasanya aku dari gerbang belakang, karena lebih dekat dari rumah aku.

Aku berangkat sekolah dari rumah kurang dari jam 06.00 pagi, karena biasanya di sekolah ada kegiatan belajar tambahan pagi untuk mempersiapkan ujian SBMPTN, ada pula kegiatan pembelajaran Al-Qur’an bagi siapa yang belum lancar membaca Al-Qur’an.

Saat tiba di sekolah, aku masuk melalui pintu gerbang belakang sekolah, di sana ada Green House (GH) yang terdapat semacam kantin jualan, biasanya anak sekolah pada jam istirahat pergi ke Green House untuk jajan, seperti membeli mie ayam, kebab, bubur, jus buah,  teh poci, dan lain-lain. Di depan Green House terdapat lapangan utama sepak bola, dan di sebelah kanan lapangan utama sepak bola terdapat gedung SD, biasanya Aku parkir motor di depan gedung SD tersebut, yang memiliki sedikit area untuk parkir.

Sedangkan di sebelah kiri lapangan utama sepak bola terdapat musala, yang kini sudah di hancurkan, dan di jadikan lahan parkir dan perpustakaan. Bila kita berbelok ke arah kiri yaitu di belakang perpustakaan tersebut terdapat juga lapangan sepak bola yang ukurannya lebih kecil dari lapangan sepak bola yang utama. Di sebelah lapangan tersebut terdapat gedung TK, dan dua  kolam renang, yaitu kolam renang TK dan juga kolam renang untuk SD, SMP, dan SMA.

Di depan lapangan utama sepak bola terdapat gedung SMP dan SMA, di depan gedung tersebut terdapat lapangan basket dan juga kolam pasir untuk kegiatan olahraga, serta terdapat dua pasang ayunan. Di sebelah lapangan basket merupakan gerbang pintu masuk utama atau gerbang depan sekolah ini, di sebelah  gerbang depanpun ada pos satpam, dan tidak jauh dari situ terdapat masjid yang sangat luas. Di masjid tersebut terdapat toilet yang luas dan bersih, serta tempat wudu yang banyak. Di dalam masjidpun kita dapat menunaikan salat dengan tenang karena dilengkapi dengan AC dan kipas angin yang menyejukkan ruangan masjid.

Sedangkan kita dapat memasuki gedung SMP dan SMA melalui pintu depan dekat lapangan basket, maupun pintu belakang dekat dengan lapangan utama sepak bola. Aku masuk melalui pintu belakang, aku melewati kelas SMP yang berada di lantai satu hingga dua, di lantai satu terdapat dua kantin dan juga meja dan bangku untuk makan, dan juga terdapat dua toilet, yaitu toilet laki-laki dan toilet perempuan yang berada di paling ujung ruangan sekolah di setiap lantainya. Di lantai satu juga terdapat dua ruangan laboratorium komputer, ada yang untuk SMP dan juga untuk SMA.

Aku menaiki tangga untuk ke kelas SMA. Untuk anak kelas X dan XI berada di lantai tiga, sedangkan untuk anak kelas XII berada di lantai empat. Di lantai tiga terdapat kantin untuk anak SMA jajan. Sedangkan di lantai empat memiliki satu aula yang terdapat di dalamnya sajadah untuk salat duha, dan juga dilengkapi dengan AC. Biasanya setiap pagi sebelum memulai pembelajaran, seluruh anak SMA dikumpulkan di aula tersebut untuk murajaah Al-Quran bersama, serta dengan kegiatan salat duha. Dan di lantai empat juga terdapat ruang laboratorium kimia SMA, ruang laboratorium fisika SMP, dan ruang katering. Jadi untuk anak SMA yang berlangganan katering dapat mengambil makanan di ruangan tersebut pada jam istirahat siang, yaitu setelah salat zuhur. Adapun setiap kelas mendapatkan fasilitas tiga AC, satu proyektor berserta layarnya untuk mempresentasikan materi pembelajaran, serta bangku dan meja yang cukup nyaman. Dan di sekolah inipun memfasilitasi wifi untuk mengakses internet secara gratis

Sekolah ini memiliki halaman yang luas serta fasilitas yang lengkap, dan juga  kegiatan yang positif. Sangat berkesan telah menimba ilmu selama enam tahun sejak SMP sampai dengan SMA di sekolah ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Profile

Api Tauhid : Badiuzzaman Said Nursi